Senin, 25 Maret 2013

Cara Mengatasi Perasaan Minder

    بسم الله الرحمن الرحيم


Cara Mengatasi Perasaan Minder

   Minder merupakan perasaan rendah diri (bukan rendah hati) yang kadang disebut kurang PeDe(Percaya Diri). Hampir sebagian besar orang yang kita temui sehari-hari mengalami hal tersebut ; misalnya teman di sekolah yang disuruh guru maju ke depan kelas, mahasiswa yang mau maju ujian skripsi, orang yang harus berbicara di podium, dan lain sebagainya. Biasanya, ciri-cirinya berupa gugup, gemetar, berkeringat dingin, wajah pucat pasi, suara seperti tersekat di kerongkongan, jatung berdebar kencang.
Perasaan takut memang wajar, tapi bagi orang yang minder takutnya agak berlebihan.
       Minder dapat dibagi dua kelompok :
-Pertama, Perasaan minder telah ada sejak dilahirkan atau faktor keturunan.
-Kedua, Perasaan minder karena faktor lingkungan, misalnya dibesarkan dalam lingkungan       keluarga miskin.
  Untuk kasus yang kedua, perasaan minder dapat dikurangi atau dihilangkan secara bertahap dengan melatih
mental agar lebih percaya diri. Misalnya, melalui olahraga (bukan catur lho), sering tampil ke depan di atas panggung atau mimbar, sehingga muka jadi "kebal" terhadap sorotan orang banyak karena sudah terbiasa.



Tapi kadangkala orang ingin cara instant untuk mengatasi masalah ini. Ada yang sebelum tampil di depan umum, memakai minuman keras tapi nggak sampai mabuk lho, tapi cukup untuk membuat "tebal muka" biasanya dari mulutnya tercium bau alkohol. Perbuatan ini jelas dilarang atau haram.

       Penulis menyarankan untuk mengatasi perasaan minder adalah beberapa hari sebelum anda tampil misalnya, maju skripsi, berpidato di depan publik, pokoknya dimana anda menjadi sorotan orang banyak ; sebaiknya anda
berkonsultasi dengan Psikiater (dokter ahli jiwa). Dewasa ini perkembangan ilmu farmasi sudah berkembang sangat pesat, sehingga banyak sekali jenis obat untuk mengatasi perasaan minder anda. Jangan malu mengungkapkan masalah minder anda pada psikiater, agar anda tidak menjadi "Minder Man".
       Tapi berhati-hatilah, karena walaupun dengan pengawasan dokter pribadi, ternyata ada orang-orang yang terkenal di dunia meninggal akibat over dosis, misalnya ; Elvis Priesley, Marilyne Monroe dan mega star Michael Jackson.