Kamis, 19 September 2013

Hamid Ajami dengan Gaya Moala : Sebagai Pembaharu dalam Kaligrafi Persia



      Kaligrafi Persia adalah kaligrafi sistem penulisan Persia. Ini telah menjadi salah satu seni yang paling dihormati sepanjang sejarah Persia. Hal ini dianggap sebagai salah satu yang paling menarik untuk dilihat dan merupakan manifestasi kebudayaan di bidang Kaligrafi Persia.
     Hamid Ajami, perintis gaya Moala kaligrafi Persia, lahir pada tahun 1962 dalam sebuah keluarga tradisional di Teheran. Almarhum ayahnya, Hedayatollah, seorang penyair terhormat dan seorang kaligrafer terkemuka, adalah guru pertamanya.
     Hamid Ajami memulai aktivitas serius dengan Asosiasi Kaligrafi Iran pada tahun 1978, untuk mendapatkan ilmu kaligrafi dengan prinsip-prinsip dan peraturan kaligrafi akademik. 
     Gaya favoritnya kaligrafi adalah "Nasta'ligh Script", yang memakan waktu empat tahun sekolah di bawah pengawasan Guru Keykhusro Khuroosh dan di sana ia belajar prinsip-prinsip yang paling penting dari kaligrafi. Contoh Kaligrafi Nasta’liq :



     Setelah melewati dengan baik tingkat di bidang ini, ia pergi ke Guru besar, Gholam-Hossein Amirkhani, untuk menyelesaikan apa yang telah ia pelajari sebelumnya. Ia memulai kegiatan profesionalnya pada tahun 1981. 
     Ia membutuhkan waktu delapan tahun pelatihan untuk menjadi memenuhi syarat untuk pencapaian "Excellent" gelar dari Asosiasi Kaligrafi Iran. Lalu ia mulai mengajar "Nasta'ligh Script" kepada mereka tertarik dalam gaya ini. Sambil mengajar, ia melanjutkan usahanya besar untuk berkenalan dengan pencetakan, tata letak, dan kebutuhan pewarna dan mencerahkan (Tazhib).


     Oleh sebab itu, dia belajar dasar seni rupa, khususnya perannya dalam kaligrafi.Sehubungan dengan hal ini, selama enam tahun berikutnya ia bertemu dengan beberapa seniman yang luar biasa dan memperoleh pengalaman yang sangat berharga. 
     Dalam rangka mencapai tujuan nya maju, seperti seniman lainnya, ia mendirikan "Fard-A dan Budaya Institut Seni". Jadi, beberapa seniman terkenal dan terkemuka, bekerja sama dengan Institute ini. Semua orang-orang ini bersama-sama telah menciptakan suasana yang menarik di Fard-A untuk menyajikan seni visual, terutama kaligrafi, bagi mereka yang antusias tertarik pada seni kaligrafi.
     Sekarang setelah 22 tahun bekerja dengan ketekunan dan keras, jelas bahwa seniman berbakat, tegas dan tulus telah mendapat kekuatan untuk membuat perubahan mendasar sebagai penemuan di bidang seni. 
    Sejak tahun 1995, ia telah bekerja pada "script" baru yang diciptakan. Dalam script baru, ia telah mematuhi semua prinsip-prinsip tradisional dan peraturan kaligrafi. Lihat contoh beberapa kaligrafi Gaya Mo’alla Hamid Ajami :



     Dengan penerimaan dan konfirmasi Art Society Iran, khususnya ahli, Hamid Ajami memiliki kehormatan penamaan naskah barunya "Mo'alla" (Ta'ala). 




     Pameran individu pertama diadakan pada bulan Oktober 1999 di Teheran, yang terdiri dari empat puluh tulisan tangan yang disebut "Mo'alla Script", menunjukkan kemampuan teknis dan khusus dalam gaya penulisan. Pameran ini sangat sukses dan dikunjungi oleh berbagai kelompok seni di Iran dengan antusias.


*****
Sumber :
-Wikipedia Persian Calligraphy